Senin, 14 Januari 2019

konsumsi makanan enak ini picu produksi batu ginjal

konsumsi makanan enak ini picu produksi batu ginjal,- Batu ginjal saat ini menjadi ancaman nomor satu dari kesehatan ginjal Anda. Pada dasarnya batu ginjal merupakan penumpukan mineral yang kemudian menjadi kerak. Mereka yang pernah terserang penyakit batu ginjal pasti setuju bahwa saat nyeri batu ginjal datangnya, rasanya sangat sakit sekali.

Sadarkah Anda bahwa penyakit batu ginjal saat ini semakin banyak menyerang kesehatan manusia? Ya, beberapa kebiasaan tidak sehat mampu memicu pembentukan batu ginjal termasuk konsumsi makanan yang tidak sehat hingga kelebihan berat badan.

berikut adalah beberapa makanan yang patut untuk waspadai agar penyakit batu ginjal tak menyerang kesehatan Anda.

Karbohidrat olahan

Tahukah Anda bahwa nasi yang Anda konsumsi sehari-hari bisa meningkatkan risiko batu ginjal? Hal ini disebabkan karena nasi termasuk ke dalam kategori makanan berkarbohidrat olahan yang bisa meningkatkan produksi insulin yang berakhir dengan memicu produksi infeksi saluran kemih. Hal ini pada giliran berikutnya mampu memicu pembentukan batu ginjal.

Selain nasi, roti, mie, dan makanan bertepung halus lainnya juga bisa memicu produksi batu ginjal.

Daging merah

Daging merah mampu menyediakan kebutuhan zat besi untuk kesehatan tubuh dan darah Anda. Sehingga saat mengonsumsi daging merah, maka produksi sel darah merah Anda akan semakin banyak.

Meskipun menyehatkan, namun Anda harus berhati-hati dengan konsumsi daging jenis ini. Sebab selain tinggi lemak, daging merah juga tinggi akan protein dan protein mampu meningkatkan risiko produksi batu ginjal karena kadar asam urat di dalamnya. Ya, tingginya kandungan asam urat dalam tubuh mampu memicu produksi batu ginjal.

Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi memang menyegarkan terutama jika diminum di siang hari yang panas. Rasanya yang manis juga membuatnya memiliki banyak penggemar.

Namun ternyata mengonsumsi minuman berkarbonasi seperti soda dan minuman berenergi seperti ini secara terus-terusan akan meningkatkan risiko batu ginjal. Menurut beberapa penelitian, minuman berkarbonasi seperti ini mengandung asam fosfat yang memicu produksi batu ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar