Kamis, 27 September 2018

Kenali gejala penyakit batu ginjal sedini mungkin

Kenali gejala penyakit batu ginjal sedini mungkin,- Batu ginjal adalah batuan keras yang terbentuk di ginjal atau ureter. Batu ginjal terbentuk akibat endapan garam dan asam dari urin. Penyakit ini akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa di ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih).

Penyakit ini disebabkan saat urin tidak bisa mencairkan mineral seperti kalsium, oksalat, dan asam urat yang kemudian mengkristal. Kristal ini kemudian lama-kelamaan akan terbentuk menjadi batu ginjal.

Penyakit ini tidak terdeteksi sampai si penderita merasakan rasa sakit yang amat sangat di perut atau punggung. Rasa nyeri ini kemudian menyebar ke daerah pangkal paha hingga betis. Selain gejala tersebut, terdapat darah di dalam urin. Kemudian Anda akan merasa mual atau muntah dan munculnya rasa seperti terbakar saat buang air kecil.

Apabila Anda menderita penyakit ini, ada beberapa cara untuk mengobatinya yang tergantung dari ukuran batu ginjal Anda. Batu ginjal kecil yang berukuran sekitar 5mm dapat dikeluarkan secara alami melalui urin. Dokter akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi air sebanyak mungkin, agar batu ini dapat muncul.

Namun apabila batu ini berukuran sekitar 10mm, maka dokter akan meresepkan beberapa obat-obatan untuk memecah batuan ini sehingga mudah dikeluarkan melalui urin.

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diabaikan, namun dapat menjadi suatu hal yang sangat menyakitkan apabila telah mencapai stadium yang gawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar